Fasilitas yang ada di bank BNI yaitu, ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang teller. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri. ATM sendiri memiliki perangkat dimana ATM itu sendiri biasanya terdiri dari perangkat berikut:
• CPU yang berfungsi untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi
• Pembaca Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
• Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
• Kriptoprosesor Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
• Monitor (digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi)
• Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
• Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka)
• Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
• Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)
Karena tuntutan komputasi lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "diluar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Komputer konvensional.
Manfaat
• Dapat menarik uang tunai dalam 24 jam. Nasabah tidak lagi tergantung jam pelayanan bank atau hari libur untuk mengambil uang tunai.
• Bebas dari antrian yang panjang.
• Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
• Selain menarik uang tunai juga dapat melihat saldo dan melakukan transfer.
• Lebih gampang dicapai karena ATM BNI tersedia di berbagai lokasi strategis.
• BNI ATM memiliki fitur yang sangat lengkap, lebih dari 110 fitur, yang meliputi layanan tarik tunai, transfer antar rekening dan antar bank, pembelian (tiket penerbangan, asuransi, dll.), pembayaran tagihan (telepon, listrik, air, TV berlangganan, kartu kredit, angsuran pinjaman, internet, dll), isi ulang (pulsa telepon, setrum listrik, kartu prepaid, dll.), dan berbagai pembayaran lainnya (premi asuransi, biaya pendidikan/SPP, pajak/MPN, ZIS, dll). Bahkan Nasabah juga sudah bisa menabung melalui ATM jenis CDM (Cash Deposit Machine).
Pengguna BNI ATM
• Seluruh nasabah BNI yang memiliki BNI Card dan kartu kredit, serta non nasabah BNI yang memiliki Kartu ATM / Kartu Debit / Kartu Kredit dengan jaringan Visa, Visa Electron, Plus, MasterCard, Maestro, Cirrus, Link dan ATM Bersama.
Cara Aman Bertransaksi Melalui BNI ATM
• PIN adalah milik pribadi dan tanggung jawab Nasabah, jangan beritahukan PIN Anda kepada siapapun. Pegawai Bank tidak pernah meminta Nasabah untuk memberitahukan PIN dalam kondisi apapun.
• Demi keamanan, ganti PIN Anda secara berkala.
• Saat mengetik PIN, tutupi tangan yang digunakan untuk menginput PIN dengan tangan Anda yang bebas atau dengan benda penutup lain (seperti kertas, dll), agar orang lain tidak bisa mencuri lihat PIN Anda.
• Waspadai penipuan bermodus membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada kartu anda saat bertransaksi di ATM.
• Jika terjadi permasalahan pada kartu anda, atau membutuhkan informasi lebih lajut terkait transaksi di BNI ATM, hubungi BNI Call di nomor 500046 atau melalui ponsel di 021-500046 atau di 68888.
Jenis-jenis BNI ATM
• ATM Reguler adalah ATM yang dapat melakukan transaksi pengambilan tunai dan transaksi lain seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini telah tersedia dan tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani nasabah BNI. BNI ATM juga dapat melayani nasabah non BNI namun hanya dapat melakukan transaksi penarikan tunai , transfer dan inquiry saldo.
• ATM Non Tunai adalah ATM yang hanya dapat melakukan seluruh transaksi non tunai seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan dan tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai. Saat ini ATM Non Tunai tersedia di kota- kota besar di Indonesia untuk melayani nasabah BNI. Bagi nasabah non BNI, ATM Non Tunai hanya dapat melayani transaksi Transfer dan Inquiry Saldo. Secara fisik bentuk ATM Non Tunai berbeda dengan ATM biasa, karena ATM Non Tunai tidak memiliki badan mesin seperti mesin ATM pada umumnya dan hanya berupa layar monitor dan papan ketik (keyboard) pada bagian depan layar.
• ATM Setoran Tunai (CDM – Cash Deposit Machine) adalah ATM yang dapat menerima setoran tunai dan inquiry saldo rekening. ATM Setoran Tunai tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini tersedia di Kota-kota besar di Indonesia untuk melayani nasabah BNI. Secara fisik bentuk ATM Setoran Tunai hampir sama dengan ATM biasa, namun pada sisi depan terdapat lubang / laci yang digunakan untuk meletakkan uang yang akan disetor. Untuk melakukan setoran tunai, nasabah harus menggunakan kartu BNI Card dan nomor PIN yang sama dengan yang digunakan pada mesin ATM biasa. Tidak memerlukan aktifasi atau membuat nomor PIN baru untuk transaksi ini. Saldo rekening akan ter-update secara real time.
ATM Drive Thru adalah ATM yang dapat melakukan seluruh transaksi seperti halnya ATM biasa meliputi penarikan tunai, inquiry saldo, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. ATM Drive Thru memiliki keunikkan dalam lokasi dan bentuk karena didesain khusus untuk dapat melayani nasabah tanpa harus turun dari mobil. Saat ini tersedia di kota-kota besar di ndonesia untuk melayani nasabah BNI. Untuk nasabah non BNI dapat dilayani hanya untuk transaksi transfer, penarikan tunai dan inquiry saldo.
INTERNET BANKING
BNI Internet Banking hadir sebagai layanan transaksi perbankan melalui jaringan Internet selama 24 jam 7 hari seminggu, bagi Anda Nasabah BNI yang menginginkan kemudahan bertransaksi perbankan melalui jaringan Internet yang aman dan nyaman kapanpun dan dimanapun Anda berada.
Cara mudah menjadi Pengguna BNI Internet Banking :
• Lakukan Registrasi menggunakan BNI Card*) Anda di BNI ATM melalui menu ”Registrasi E-Channel”, dan buat 6 angka PIN Registrasi BNI Internet Banking
• Lakukan Aktivasi BNI Internet Banking, dengan cara :
• Akses Layanan BNI Internet Banking Personal melalui www.bni.co.id
• Untuk pengguna baru, ikuti panduan ”Jika Anda sudah registrasi BNI Internet Banking via BNI ATM, silakan klik di SINI untuk aktivasi”
• Masukkan 16 angka nomor BNI Card*) dan PIN Registrasi BNI Internet Banking Anda
• Bacalah dengan teliti Syarat & Ketentuan BNI Internet Banking, dan beri Tickmark pada kotak tanda persetujuan
• Buatlah User ID dan Password Anda sesuai dengan ketentuan format.
• Gunakan User ID dan Password Anda untuk login pada Layanan BNI Internet Banking dan langsung dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening.
• Untuk bisa melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi finansial lainnya, Anda harus memiliki BNI eSecure yaitu alat pengaman tambahan (token) untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN)
*)Termasuk Kartu Mahasiswa, Kartu Pegawai/Anggota & BNI Syariah Card
Cara memperoleh BNI eSecure :
• Pada layar aplikasi BNI Internet Banking, pilih menu ”Administrasi” → ”Registrasi BNI eSecure” (cetak/catat Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure)
• Pilih area dan Kantor Cabang BNI (sesuai pilihan di layar) untuk mengambil BNI eSecure Anda.
• Setelah 10 hari kerja, BNI e-Secure dapat Anda ambil di Cabang BNI yang Anda pilih, dengan membawa Buku Tabungan,BNI Card, Kartu Identitas yang masih berlaku dan Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure.
• Lakukan aktivasi BNI eSecure Anda melalui Layanan BNI Internet Banking, sesuai petunjuk pada layar Layanan.
Cara mudah menjadi Pengguna BNI Internet Banking melalui Kantor Cabang BNI
• Datang ke cabang BNI terdekat dengan membawa :
• Kartu Indentitas diri (KTP,SIM, Passport)
• Bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan/atau BNI Card
• Petugas Cabang akan membantu Anda untuk melakukan proses registrasi & aktivasi BNI Internet Banking.
• Anda dapat langsung membuat user-id, password dan langsung membawa pulang BNI e-Secure yang siap untuk digunakan untuk bertransaksi finansial di BNI Internet Banking.
Jenis Transaksi di BNI Internet Banking
• Transaksi Non Finansial
• Informasi saldo
• Informasi mutasi rekening
• Transaksi Finansial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Transfer Dana ke Bank lain (Kliring dan RTGS)
• Pembayaran Tagihan
• Kartu Kredit (BNI, Standard Chartered, HSBC, GE Finance, ANZ, Bank Niaga, ABN AMRO (RBS), Bank Permata, Danamon, Citibank)
• Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) seluruh kode area di Indonesia
• Kartu Halo Telkomsel
• Kartu Xplor Excelcomindo
• Matrix dan StarOne Indosat
• Listrik PLN (Distribusi Kaltim, Sumbar, Jateng & DIY, Batam, Sulut, Sulteng & Gorontalo dan Kalbar - akan segera diimplementasikan. Jawa Barat dan Banten (dapat menggunakan layanan ATM)
• Pembelian Voucher Prabayar
• Telkomsel (Simpati & As)
• Indosat (Mentari, IM2, IM3 & StarOne)
• XL (bebas & jempol)
• ESIA
• FREN
• Telkom Flexi
• 3.
• Pembelian Tiket Airline
• Garuda
• Lion Air
• Mandala
• Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)
• ITB, Trisakti, Unpad, UNS, Unibraw, USU, Unsri, UNJ, UPN Jogya, UKDW, Unib, UNY, UPI, UM, Unsoed, ITN, Unimed, Unnes, UIN Sunan Kalijaga, Poltek Sriwijaya, Poltekes, Poltek Malang, dan lain-lain.
Periode Pembayaran hanya dilakukan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi.
Fasilitas Administrasi
• Registrasi BNI eSecure
• Aktifasi BNI eSecure
• Ganti Alamat Email
• Ganti Password
• Daftar Rekening
• Daftar Pembayaran
• Download Reception Transaksi
PHONE BANKING
Layanan BNI Phone Banking menjamin keleluasaan dan kepuasan Anda dalam mendapatkan segala informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat dengan jaminan privasi yang tinggi, serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak. Untuk segala pertanyaan atau bantuan secara pribadi, Anda dapat langsung berbicara dengan Customer Representative kami, hanya dengan menekan angka "0" setiap saat melalui sarana telepon dengan single access number 500046 dan melalui HP dengan access number 021-500046 atau 68888.
Keuntungan yang Anda peroleh bila menggunakan BNI Phone Banking
Dengan BNI Phone Banking Anda dapat dengan leluasa mengatur keuangan Anda, seperti:
• Transaksi Perbankan
• Informasi Saldo
• Pembayaran tagihan Telkom, semua jenis tagihan Ponsel ( Satelindo, Telkomsel, Komselindo dan GSM-XL) dan Retelindo
• Pembayaran semua jenis kartu kredit
• Pembayaran tagihan PLN
• Pembayaran ZIS DKI Jakarta
• Pemindahbukuan antar rekening di BNI
• Transfer via kliring ke bank lain
• Pembelian voucher isi ulang Mentari Satelindo dan Simpati Telkomsel
• Mutasi rekening terakhir
• Mutasi rekening yang dapat dimintakan cetakannya melalui faksimili
• Perubahan PIN BNI Phone Banking
• Informasi Perbankan
• Info suku bunga deposito
• Info suku bunga tabungan
• Info suku bunga kredit
• Info nilai tukar valas (24 jenis mata uang asing)
• Info produk-produk BNI
• Info lokasi cabang dan ATM
Cara menggunakan
Cara pemakaian BNI Phone Banking sangat mudah. Cukup menghubungi nomor telepon BNI CALL : 500046 atau melalui HP di 021-500046 atau 68888
Cara mendapatkan BNI Phone Banking
Untuk bisa akses ke BNI Phone Banking, silahkan Anda mendaftarkan terlebih dahulu menjadi anggota Phone Banking dengan persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
• Memiliki rekening Taplus, (Taplus Bisnis *) dan Giro Perorangan.
• Mengisi formulir aplikasi dan menandatangani di atas meterai Rp6.000
• Melampirkan fotokopi KTP, halaman depan buku Taplus. Dan bagi pemegang rekening giro perorangan melampirkan rekening koran.
*) Otomatis menjadi anggota BNI Phone Banking
Registrasi
Registrasi dilakukan melalui BNI ATM dengan cara :
• Masukkan BNI Card dan PIN
• Pilih menu “Registrasi E-Channel”
• Pilih Menu “BNI PhonePlus”
• Tentukan 4 digit PIN BNI Phone Banking anda
• Proses registrasi telah sukses & anda akan memperoleh receipt
LAYANAN GERAK
BNI terus berkembang agar dapat senantiasa hadir disekitar Anda beraktivitas. Untuk melayani Anda yang berdomisili agak jauh dari Kantor Cabang BNI, kini BNI telah memiliki armada BNI Layanan Gerak yang berfungsi sebagai One Stop mini Banking yang dengan leluasa dapat bergerak mendekai komunitas Anda dan akan semakin memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang diinginkan.
Manfaat
Memudahkan komunitas Anda untuk bertransaksi perbankan tanpa harus mendatangi langsung Kantor Cabang BNI.
• Dilengkapi BNI ATM.
• Dilengkapi Terminal BNI Internet Banking
• Dilengkapi handset untuk menghubungi BNICall
• Didukung oleh petugas Customer Service dan Teller yang siap melayani aneka transaksi perbankan Anda
BNI Layanan Gerak hadir untuk melayani Anda nasabah BNI ataupun anda yang belum berkesempatan menjadi nasabah BNI sebagaimana layaknya Kantor Cabang BNI. Siapkan bukti kepemilikan rekening anda maupun identitas diri anda untuk bertransaksi melalui petugas kami di BNI layanan Gerak.
BNI SIMPONI
BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.
Siapa pun Anda, bisa menjadi peserta BNI Simponi
BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di masa purna tugas.
Mudahnya Menjadi Peserta BNI Simponi
Datanglah ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa fotocopy KTP/SIM/Passpor dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri serta menyetor iuran awal minimal sebesar Rp50.000 maka Anda bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi.
Manfaat menjadi peserta BNI Simponi
Walaupun peserta berpenghasilan terbatas, namun dengan melakukan iuran minimal Rp50.000 maka peserta akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah memasuki usia pensiun, peserta berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris (dhi. janda/duda dan sampai dengan anak yang terkecil dengan ketentuan belum berumur 25 tahun/belum menikah/belum bekerja)
Pengembangan yang diberikan kepada peserta BNI Simponi
Besarnya hasil pengembangan yang diberikan tergantung pada bunga yang berlaku di pasar pada saat itu dan tergantung paket investasi yang dipilih peserta yang terdiri atas :
• 75% (Deposito & Pasar Uang) dan 25% Obligasi
• 65% (Deposito & Pasar Uang) dan 35% Obligasi
• 50% (Deposito & Pasar Uang) dan 50% Obligasi
• 100% Deposito dan Pasar Uang
• 70% (Deposito & Pasar Uang) dan 30% (Obligasi da/atau Saham)
• 100% Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah dan/atau Obligasi Syariah
Usia pensiun di BNI Simponi
BNI Simponi menyediakan usia pensiun normal mulai dari 45 tahun.
Jenis manfaat pensiun BNI Simponi
• Pensiun Normal, manfaat pensiun diberikan kepada peserta pada saat mencapai usia pensiun yang ditetapkan peserta pada awal masa kepesertaan.
• PensiunDipercepat, manfaat pensiun diberikan kepada peserta yang minimal berusia 10 (sepuluh) tahun sebelum usia pensiun normal dan berhenti dari kepesertaan.
• Pensiun Cacat, manfaat pensiun cacat dibayarkan kepada peserta yang mengalami cacat tetap dan tidak dapat melanjutkan iurannya.
• Pensiun Meninggal Dunia, apabila peserta meninggal dunia sebelum Usia Pensiun Normal, manfaat pensiun dibayarkan kepada janda/duda atau ahli waris peserta.
Benefit yang didapat selama menjadi peserta BNI Simponi
• Iuran dapat dilakukan secara fleksibel, baik dalam jumlah iuran maupun frekuensi iuran.
• Dalam masa kepesertaan dana peserta tidak akan dikenakan pajak. Iuran yang disetorkan maupun pengembangan yang diperoleh mendapat fasilitas pajak ditunda selama masa kepesertaan.
• Arahan investasi dapat ditentukan oleh peserta sesuai dengan paket investasi yang disediakan.
• Dana peserta akan dikembangkan dan hasil pengembangannya diperhitungkan secara harian.
Tanda Bukti Kepesertaan BNI Simponi
Setiap peserta baik peserta mandiri / perorangan maupun peserta kelompok / kolektif akan memperoleh Buku Simponi seperti halnya buku tabungan sebagai tanda bukti kepesertaan BNI Simponi. Dengan Buku Simponi tersebut, peserta kapanpun dapat mengetahui jumlah dananya dengan cara print out Buku Simponi di Kantor Cabang BNI terdekat.
Computerize & Online
Seluruh aktivitas BNI Simponi dari pembukaan rekening, pembayaran iuran, penarikan dana dan informasi saldo dana sampai proses pensiun dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI di seluruh Indonesia dengan fasilitas On Line System.
Mudahnya Melakukan Setoran BNI Simponi
Setoran iuran BNI Simponi dapat dilakukan dengan 4 (empat) cara, yaitu :
• Tunai di seluruh Kantor Cabang BNI terdekat.
• Transfer dari bank lain.
• Melalui fasilitas autodebet dari rekening tabungan atau giro di BNI.
• Melalui layanan fasilitas Phone Banking BNI
Mudahnya Memperoleh Manfaat Pensiun
Untuk melakukan proses pencairan dananya, peserta bisa datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan penjelasan sbb:
• Seluruh nasabah BNI yang memiliki BNI Card dan kartu kredit, serta non nasabah BNI yang memiliki Kartu ATM / Kartu Debit / Kartu Kredit dengan jaringan Visa, Visa Electron, Plus, MasterCard, Maestro, Cirrus, Link dan ATM Bersama.
Cara Aman Bertransaksi Melalui BNI ATM
• PIN adalah milik pribadi dan tanggung jawab Nasabah, jangan beritahukan PIN Anda kepada siapapun. Pegawai Bank tidak pernah meminta Nasabah untuk memberitahukan PIN dalam kondisi apapun.
• Demi keamanan, ganti PIN Anda secara berkala.
• Saat mengetik PIN, tutupi tangan yang digunakan untuk menginput PIN dengan tangan Anda yang bebas atau dengan benda penutup lain (seperti kertas, dll), agar orang lain tidak bisa mencuri lihat PIN Anda.
• Waspadai penipuan bermodus membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada kartu anda saat bertransaksi di ATM.
• Jika terjadi permasalahan pada kartu anda, atau membutuhkan informasi lebih lajut terkait transaksi di BNI ATM, hubungi BNI Call di nomor 500046 atau melalui ponsel di 021-500046 atau di 68888.
Jenis-jenis BNI ATM
• ATM Reguler adalah ATM yang dapat melakukan transaksi pengambilan tunai dan transaksi lain seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini telah tersedia dan tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani nasabah BNI. BNI ATM juga dapat melayani nasabah non BNI namun hanya dapat melakukan transaksi penarikan tunai , transfer dan inquiry saldo.
• ATM Non Tunai adalah ATM yang hanya dapat melakukan seluruh transaksi non tunai seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan dan tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai. Saat ini ATM Non Tunai tersedia di kota- kota besar di Indonesia untuk melayani nasabah BNI. Bagi nasabah non BNI, ATM Non Tunai hanya dapat melayani transaksi Transfer dan Inquiry Saldo. Secara fisik bentuk ATM Non Tunai berbeda dengan ATM biasa, karena ATM Non Tunai tidak memiliki badan mesin seperti mesin ATM pada umumnya dan hanya berupa layar monitor dan papan ketik (keyboard) pada bagian depan layar.
• ATM Setoran Tunai (CDM – Cash Deposit Machine) adalah ATM yang dapat menerima setoran tunai dan inquiry saldo rekening. ATM Setoran Tunai tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini tersedia di Kota-kota besar di Indonesia untuk melayani nasabah BNI. Secara fisik bentuk ATM Setoran Tunai hampir sama dengan ATM biasa, namun pada sisi depan terdapat lubang / laci yang digunakan untuk meletakkan uang yang akan disetor. Untuk melakukan setoran tunai, nasabah harus menggunakan kartu BNI Card dan nomor PIN yang sama dengan yang digunakan pada mesin ATM biasa. Tidak memerlukan aktifasi atau membuat nomor PIN baru untuk transaksi ini. Saldo rekening akan ter-update secara real time.
ATM Drive Thru adalah ATM yang dapat melakukan seluruh transaksi seperti halnya ATM biasa meliputi penarikan tunai, inquiry saldo, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. ATM Drive Thru memiliki keunikkan dalam lokasi dan bentuk karena didesain khusus untuk dapat melayani nasabah tanpa harus turun dari mobil. Saat ini tersedia di kota-kota besar di ndonesia untuk melayani nasabah BNI. Untuk nasabah non BNI dapat dilayani hanya untuk transaksi transfer, penarikan tunai dan inquiry saldo.
INTERNET BANKING
BNI Internet Banking hadir sebagai layanan transaksi perbankan melalui jaringan Internet selama 24 jam 7 hari seminggu, bagi Anda Nasabah BNI yang menginginkan kemudahan bertransaksi perbankan melalui jaringan Internet yang aman dan nyaman kapanpun dan dimanapun Anda berada.
Cara mudah menjadi Pengguna BNI Internet Banking :
• Lakukan Registrasi menggunakan BNI Card*) Anda di BNI ATM melalui menu ”Registrasi E-Channel”, dan buat 6 angka PIN Registrasi BNI Internet Banking
• Lakukan Aktivasi BNI Internet Banking, dengan cara :
• Akses Layanan BNI Internet Banking Personal melalui www.bni.co.id
• Untuk pengguna baru, ikuti panduan ”Jika Anda sudah registrasi BNI Internet Banking via BNI ATM, silakan klik di SINI untuk aktivasi”
• Masukkan 16 angka nomor BNI Card*) dan PIN Registrasi BNI Internet Banking Anda
• Bacalah dengan teliti Syarat & Ketentuan BNI Internet Banking, dan beri Tickmark pada kotak tanda persetujuan
• Buatlah User ID dan Password Anda sesuai dengan ketentuan format.
• Gunakan User ID dan Password Anda untuk login pada Layanan BNI Internet Banking dan langsung dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening.
• Untuk bisa melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi finansial lainnya, Anda harus memiliki BNI eSecure yaitu alat pengaman tambahan (token) untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN)
*)Termasuk Kartu Mahasiswa, Kartu Pegawai/Anggota & BNI Syariah Card
Cara memperoleh BNI eSecure :
• Pada layar aplikasi BNI Internet Banking, pilih menu ”Administrasi” → ”Registrasi BNI eSecure” (cetak/catat Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure)
• Pilih area dan Kantor Cabang BNI (sesuai pilihan di layar) untuk mengambil BNI eSecure Anda.
• Setelah 10 hari kerja, BNI e-Secure dapat Anda ambil di Cabang BNI yang Anda pilih, dengan membawa Buku Tabungan,BNI Card, Kartu Identitas yang masih berlaku dan Nomor Referensi Pemesanan BNI eSecure.
• Lakukan aktivasi BNI eSecure Anda melalui Layanan BNI Internet Banking, sesuai petunjuk pada layar Layanan.
Cara mudah menjadi Pengguna BNI Internet Banking melalui Kantor Cabang BNI
• Datang ke cabang BNI terdekat dengan membawa :
• Kartu Indentitas diri (KTP,SIM, Passport)
• Bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan/atau BNI Card
• Petugas Cabang akan membantu Anda untuk melakukan proses registrasi & aktivasi BNI Internet Banking.
• Anda dapat langsung membuat user-id, password dan langsung membawa pulang BNI e-Secure yang siap untuk digunakan untuk bertransaksi finansial di BNI Internet Banking.
Jenis Transaksi di BNI Internet Banking
• Transaksi Non Finansial
• Informasi saldo
• Informasi mutasi rekening
• Transaksi Finansial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Transfer Dana ke Bank lain (Kliring dan RTGS)
• Pembayaran Tagihan
• Kartu Kredit (BNI, Standard Chartered, HSBC, GE Finance, ANZ, Bank Niaga, ABN AMRO (RBS), Bank Permata, Danamon, Citibank)
• Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) seluruh kode area di Indonesia
• Kartu Halo Telkomsel
• Kartu Xplor Excelcomindo
• Matrix dan StarOne Indosat
• Listrik PLN (Distribusi Kaltim, Sumbar, Jateng & DIY, Batam, Sulut, Sulteng & Gorontalo dan Kalbar - akan segera diimplementasikan. Jawa Barat dan Banten (dapat menggunakan layanan ATM)
• Pembelian Voucher Prabayar
• Telkomsel (Simpati & As)
• Indosat (Mentari, IM2, IM3 & StarOne)
• XL (bebas & jempol)
• ESIA
• FREN
• Telkom Flexi
• 3.
• Pembelian Tiket Airline
• Garuda
• Lion Air
• Mandala
• Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)
• ITB, Trisakti, Unpad, UNS, Unibraw, USU, Unsri, UNJ, UPN Jogya, UKDW, Unib, UNY, UPI, UM, Unsoed, ITN, Unimed, Unnes, UIN Sunan Kalijaga, Poltek Sriwijaya, Poltekes, Poltek Malang, dan lain-lain.
Periode Pembayaran hanya dilakukan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi.
Fasilitas Administrasi
• Registrasi BNI eSecure
• Aktifasi BNI eSecure
• Ganti Alamat Email
• Ganti Password
• Daftar Rekening
• Daftar Pembayaran
• Download Reception Transaksi
PHONE BANKING
Layanan BNI Phone Banking menjamin keleluasaan dan kepuasan Anda dalam mendapatkan segala informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat dengan jaminan privasi yang tinggi, serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak. Untuk segala pertanyaan atau bantuan secara pribadi, Anda dapat langsung berbicara dengan Customer Representative kami, hanya dengan menekan angka "0" setiap saat melalui sarana telepon dengan single access number 500046 dan melalui HP dengan access number 021-500046 atau 68888.
Keuntungan yang Anda peroleh bila menggunakan BNI Phone Banking
Dengan BNI Phone Banking Anda dapat dengan leluasa mengatur keuangan Anda, seperti:
• Transaksi Perbankan
• Informasi Saldo
• Pembayaran tagihan Telkom, semua jenis tagihan Ponsel ( Satelindo, Telkomsel, Komselindo dan GSM-XL) dan Retelindo
• Pembayaran semua jenis kartu kredit
• Pembayaran tagihan PLN
• Pembayaran ZIS DKI Jakarta
• Pemindahbukuan antar rekening di BNI
• Transfer via kliring ke bank lain
• Pembelian voucher isi ulang Mentari Satelindo dan Simpati Telkomsel
• Mutasi rekening terakhir
• Mutasi rekening yang dapat dimintakan cetakannya melalui faksimili
• Perubahan PIN BNI Phone Banking
• Informasi Perbankan
• Info suku bunga deposito
• Info suku bunga tabungan
• Info suku bunga kredit
• Info nilai tukar valas (24 jenis mata uang asing)
• Info produk-produk BNI
• Info lokasi cabang dan ATM
Cara menggunakan
Cara pemakaian BNI Phone Banking sangat mudah. Cukup menghubungi nomor telepon BNI CALL : 500046 atau melalui HP di 021-500046 atau 68888
Cara mendapatkan BNI Phone Banking
Untuk bisa akses ke BNI Phone Banking, silahkan Anda mendaftarkan terlebih dahulu menjadi anggota Phone Banking dengan persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
• Memiliki rekening Taplus, (Taplus Bisnis *) dan Giro Perorangan.
• Mengisi formulir aplikasi dan menandatangani di atas meterai Rp6.000
• Melampirkan fotokopi KTP, halaman depan buku Taplus. Dan bagi pemegang rekening giro perorangan melampirkan rekening koran.
*) Otomatis menjadi anggota BNI Phone Banking
Registrasi
Registrasi dilakukan melalui BNI ATM dengan cara :
• Masukkan BNI Card dan PIN
• Pilih menu “Registrasi E-Channel”
• Pilih Menu “BNI PhonePlus”
• Tentukan 4 digit PIN BNI Phone Banking anda
• Proses registrasi telah sukses & anda akan memperoleh receipt
LAYANAN GERAK
BNI terus berkembang agar dapat senantiasa hadir disekitar Anda beraktivitas. Untuk melayani Anda yang berdomisili agak jauh dari Kantor Cabang BNI, kini BNI telah memiliki armada BNI Layanan Gerak yang berfungsi sebagai One Stop mini Banking yang dengan leluasa dapat bergerak mendekai komunitas Anda dan akan semakin memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang diinginkan.
Manfaat
Memudahkan komunitas Anda untuk bertransaksi perbankan tanpa harus mendatangi langsung Kantor Cabang BNI.
• Dilengkapi BNI ATM.
• Dilengkapi Terminal BNI Internet Banking
• Dilengkapi handset untuk menghubungi BNICall
• Didukung oleh petugas Customer Service dan Teller yang siap melayani aneka transaksi perbankan Anda
BNI Layanan Gerak hadir untuk melayani Anda nasabah BNI ataupun anda yang belum berkesempatan menjadi nasabah BNI sebagaimana layaknya Kantor Cabang BNI. Siapkan bukti kepemilikan rekening anda maupun identitas diri anda untuk bertransaksi melalui petugas kami di BNI layanan Gerak.
BNI SIMPONI
BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.
Siapa pun Anda, bisa menjadi peserta BNI Simponi
BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di masa purna tugas.
Mudahnya Menjadi Peserta BNI Simponi
Datanglah ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa fotocopy KTP/SIM/Passpor dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri serta menyetor iuran awal minimal sebesar Rp50.000 maka Anda bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi.
Manfaat menjadi peserta BNI Simponi
Walaupun peserta berpenghasilan terbatas, namun dengan melakukan iuran minimal Rp50.000 maka peserta akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah memasuki usia pensiun, peserta berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris (dhi. janda/duda dan sampai dengan anak yang terkecil dengan ketentuan belum berumur 25 tahun/belum menikah/belum bekerja)
Pengembangan yang diberikan kepada peserta BNI Simponi
Besarnya hasil pengembangan yang diberikan tergantung pada bunga yang berlaku di pasar pada saat itu dan tergantung paket investasi yang dipilih peserta yang terdiri atas :
• 75% (Deposito & Pasar Uang) dan 25% Obligasi
• 65% (Deposito & Pasar Uang) dan 35% Obligasi
• 50% (Deposito & Pasar Uang) dan 50% Obligasi
• 100% Deposito dan Pasar Uang
• 70% (Deposito & Pasar Uang) dan 30% (Obligasi da/atau Saham)
• 100% Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah dan/atau Obligasi Syariah
Usia pensiun di BNI Simponi
BNI Simponi menyediakan usia pensiun normal mulai dari 45 tahun.
Jenis manfaat pensiun BNI Simponi
• Pensiun Normal, manfaat pensiun diberikan kepada peserta pada saat mencapai usia pensiun yang ditetapkan peserta pada awal masa kepesertaan.
• PensiunDipercepat, manfaat pensiun diberikan kepada peserta yang minimal berusia 10 (sepuluh) tahun sebelum usia pensiun normal dan berhenti dari kepesertaan.
• Pensiun Cacat, manfaat pensiun cacat dibayarkan kepada peserta yang mengalami cacat tetap dan tidak dapat melanjutkan iurannya.
• Pensiun Meninggal Dunia, apabila peserta meninggal dunia sebelum Usia Pensiun Normal, manfaat pensiun dibayarkan kepada janda/duda atau ahli waris peserta.
Benefit yang didapat selama menjadi peserta BNI Simponi
• Iuran dapat dilakukan secara fleksibel, baik dalam jumlah iuran maupun frekuensi iuran.
• Dalam masa kepesertaan dana peserta tidak akan dikenakan pajak. Iuran yang disetorkan maupun pengembangan yang diperoleh mendapat fasilitas pajak ditunda selama masa kepesertaan.
• Arahan investasi dapat ditentukan oleh peserta sesuai dengan paket investasi yang disediakan.
• Dana peserta akan dikembangkan dan hasil pengembangannya diperhitungkan secara harian.
Tanda Bukti Kepesertaan BNI Simponi
Setiap peserta baik peserta mandiri / perorangan maupun peserta kelompok / kolektif akan memperoleh Buku Simponi seperti halnya buku tabungan sebagai tanda bukti kepesertaan BNI Simponi. Dengan Buku Simponi tersebut, peserta kapanpun dapat mengetahui jumlah dananya dengan cara print out Buku Simponi di Kantor Cabang BNI terdekat.
Computerize & Online
Seluruh aktivitas BNI Simponi dari pembukaan rekening, pembayaran iuran, penarikan dana dan informasi saldo dana sampai proses pensiun dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI di seluruh Indonesia dengan fasilitas On Line System.
Mudahnya Melakukan Setoran BNI Simponi
Setoran iuran BNI Simponi dapat dilakukan dengan 4 (empat) cara, yaitu :
• Tunai di seluruh Kantor Cabang BNI terdekat.
• Transfer dari bank lain.
• Melalui fasilitas autodebet dari rekening tabungan atau giro di BNI.
• Melalui layanan fasilitas Phone Banking BNI
Mudahnya Memperoleh Manfaat Pensiun
Untuk melakukan proses pencairan dananya, peserta bisa datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan penjelasan sbb:
• Semua proses penutupan di sentralisasidi kantor Besar Unit DPLK. Cabang-cabang hanya menerima berkas penutupan dengan syarat-syarat tercantum diatas dan mohon dilakukan verifikasi TTD KTP & Buku Asli yang kemudian dikirimkan ke KB. Unit DPLK dengan terlebih dahulu diteliti kembali kelengkapan datanya pada kesempatan pertama.
• Mohon untuk proses Klaim / Pencairan dilampirkan no. NPWP ( Terutama untuk Proses Akumulasi Iuran dan Kepesertaan Berakhir )
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/ATMhttp://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/layananebankingbni/bniatm.aspxhttp://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/layananebankingbni/internetbanking.aspxhttp://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/layananebankingbni/phonebanking.aspxhttp://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/layananebankingbni/layanangerak.aspxhttp://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/simpananpensiun/bnisimponi.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar